
Mediapewarta.co.id kota Batu ;
Kurang lebih 150 orang warga RW 1 dan RW 2 hadir pada kegiatan program" PAIJO JOGO BERAS PULEN " yang dilaksanakan oleh Kelurahan Sisir di jalan Diran RT 4 RW 2 Dusun Meduran Kelurahan Sisir Kecamatan Batu kota Batu. Rabu ( 2/10/2024 ) malam.
Selain dihadiri langsung oleh Lurah Sisir M Viata Arya Pranaka beserta Sekretaris Lurah Sisir Yunus Purwanto dan perangkat kelurahan Sisir, pada kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua RW 1 dan RW 2 juga di hadiri oleh seluruh ketua RT yang ada di RW 1 dan 2.
Hadir pula Lukmi Pratika S. Kom selaku Administrator Database Dispendukcapil dan Ahmad Shofiyan SE selaku Kasubdit Penetapan Bapenda kota Batu.
PAIJO JOGO BERAS PULEN merupakan sinergitas tiga program dari Kelurahan Sisir untuk meningkatkan dan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.
Pamong Ider Projo ( PAIJO) adalah inovasi pelayanan Kelurahan jemput bola ke lingkungan RW. Jadi masyarakat bisa langsung menikmati kemudahan pelayanan administrasi tanpa harus ke kantor Kelurahan. Masyarakat dilingkungan RW bisa langsung melakukan kepengurusan administrasi seperti administrasi kependudukan, surat keterangan umum, surat keterangan usaha dan lain-lain. Masyarakat juga bisa mendapatkan informasi serta bisa berkonsultasi langsung terkait kepengurusan administrasi. Dan untuk informasi pelayanan, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi di instagram dan Facebook kelurahan Sisir yaitu untuk Instagram sisirgemilang dan facebook Sisir Gemilang.
Jagongan Bareng Masyarakat ( JOGO BERAS ) yaitu program dari Kelurahan Sisir yang bertujuan agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung. Masyarakat bisa menyampaikan secara langsung untuk memberikan saran, menyampaikan kritik, memberikan masukan dan konsultasi pelayanan.
Adapun cara kerja program JOGO BERAS yang pertama masyarakat bisa menjadwalkan kunjungan maka perangkat kelurahan akan datang ke lingkungan RW, kedua temui perangkat kelurahan kemudian diskusikan masalah dan kebutuhannya maka perangkat kelurahan akan menangani aspirasi masyarakat dengan efektif dan tepat waktu.
Pelayanan Umum Berbasis Online ( PULEN) yaitu program dari Kelurahan Sisir untuk memberikan kemudahan pelayanan informasi dan pengaduan masyarakat.
Adapun jenis pelayanannya yaitu permohonan surat seperti Asminduk, Surat Keterangan Umum, Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Domisili Kantor dan lain-lainnya.
Pelayanan Pengaduan yaitu Kelurahan Sisir siap menerima segala bentuk aduan dari masyarakat.
Dan untuk program PULEN ini juga disediakan nomor Whatsapp 081 3333 488 78, jadi masyarakat bisa menghubungi nomor whatsapp tersebut lalu ketik sisirbatu maka secara otomastis masyarakat bisa mendapatkan balasan dan bisa memilih layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Lurah Sisir M Viata Arya Pranaka menjelaskan bahwa pada kegiatan ini adalah aksi perubahan dari Kelurahan Sisir yaitu Sinergitas PAIJO JOGO BERAS PULEN.
" Yang mana sudah kita laksanakan dibeberapa RW dan ini salah satu upgrade lagi.
Jadi setelah kita sinergritas program dari PAIJO, JOGO BERAS dan PULEN kita kolaborasikan dan sudah kita koordinasikan dengan kepala OPD yang ada di Pemerintah Kota Batu mulai dari Sekretaris Daerah ( Sekda ), Kepala Bapenda, kepala Dispendukcapil dan kepala DPMPTSP.
Dan ini merupakan dukungan dari OPD dan kita kolaborasikan inovasi-inovasi yang di OPD, yang mana agar pelayanan masyarakat ini bisa terlaksana dengan baik, karena dengan kita turun langsung dan jumpa langsung dengan masyarakat maka pelayanan dapat terlaksana dengan baik, dan kita bisa mengetahui permasalahan-permasalahan yang memang benar-benar real yang ada di masyarakat.
Dan pada kegiatan ini sengaja kita Kolaborasikan dengan OPD, karena banyak permasalahan yang kadang saat kita turun ke masyarakat ada permasalahan-permasalahan yang tidak bisa kita jawab secara langsung karena itu ranahnya teknis di dinas teknis. Oleh karena itu kita hadirkan dari OPD ini agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dan kebutuhan pelayanan masyarakat.
Maka dari itu diharapkan, kedepan kebutuhan masyarakat terkait dengan pelayanan bisa kita jawab dengan inovasi pelayanan ini, jadi masyarakat tidak lagi kebingungan, lebih mudah, dan lebih enak lagi dalam mengakses pelayanan ", urainya.